Don’t Buy Pets – Stop Puppy Mill!!

Halo Minna~

Terima kasih atas dukungannya selama ini walaupun kelihatannya sepi. Tapi setidaknya masih ada yang mau membaca. Hahaha..

Hari ini aku mau share sesuatu yang aku baca baru-baru ini. Mungkin bagi kalian yang hanya sekilas melihat judulnya berpikir bahwa aku orang yang benci hewan peliharaan apapun itu. Tapi, malah sebaliknya. Aku suka hampir semua hewan peliharaan khususnya anjing. Tapi, dibalik semua kelucuan anjing-anjing yang kita pelihara (khususnya yang dibeli), ada sebuah kisah tragis dibaliknya. Berikut kutipan artikel di facebook “Let’s Adopt! (Indonesia)” yang berjudul “Apakah Puppy Mill itu?”

Apakah Puppy Mill itu?

 

Puppy Mill atau perternakan anak anjing adalah tempat pembiakan anjing besar-besaran untuk menghasilkan anak anjing dalam jumlah banyak demi mendapatkan laba. Disamakan seperti deretan ayam betina, indukan anjing dimasukkan ke dalam kandang seumur hidup mereka dengan satu tujuan, yaitu menghasilkan anak anjing untuk toko binatang, internet dan pasar di luar negeri.

Pet shop atau toko yang menjual hewan peliharaan membutuhkan pasokan anak anjing muda terus menerus. Satu pet shop bisa menerima lebih dari 20 ekor per minggunya. Dikalikan dengan jumlah petshop yang tersebar di Indonesia dan Anda akan mendapatkan jaringan distribusi yang sempurna untuk sebuah industri yang menghasilkan ribuan anak anjing tanpa mengindahkan kualitas, kesehatan atau temperamen mereka.

Dalam puppy mill, anjing berada di dalam kandang seumur hidup mereka—tak ada sosialisasi, perawatan bulu , tidak dimandikan, tidak berhubungan dengan manusia, tidak berolahraga dan jelas tak mendapatkan kasih sayang. Di Australia, puppy mill memiliki sekitar 20 hingga 1.000 anjing betina yang terus menerus hamil dan menyusui untuk memenuhi permintaan. Di Indonesia, puppy mill ada di tempat-tempat tersembunyi dan tidak terlihat oleh umum dan keadaannya pun menyedihkan.

Mohon diperhatikan untuk setiap anak anjing yang lucu dan gemuk yang terlihat di pet shop, induk mereka kemungkinan besar adalah anjing yang menderita di puppy mill tersebut.

Bahkan bila anak anjing terlihat lucu, bersih dan sehat, tak ada jaminan induk mereka tak menderita sebagai anjing yang dibiakkan terus menerus di kandang seumur hidup mereka.

female golden retriever yang “dipakai” untuk melahirkan anak2 golden yang lucu-lucu… kulitnya gatal2, bulunya rontok, mukanya berdarah karena gatal dan terus digaruk, perut besar karena mengidap penyakit… Lokasi: Graha Raya, Bintaro

Bagaimana Anda Bisa Menghentikan Puppy Mill?

1. Sebarkan informasi

Sebarkan info mengenai puppy mill dan jangan membeli anak anjing. Cara termudah untuk menghasilkan perubahan adalah dengan mempertimbangkan prinsip sederhana ini: tidak ada permintaan, maka tidak ada pasokan (no demand, no supply). Bila Anda dan semua orang yang Anda kenal tak lagi membeli hewan peliharaan, maka breeder ini akan kehilangan tempat untuk meraih laba.

2. Jangan pernah berbelanja di pet shop yang menjual anak anjing atau anak kucing.

Boikot toko-toko yang menjual hewan peliharaan dan beri tahu mereka alasannya.

3. Dukung toko yang bebas dari hewan peliharaan

Beli makanan, pasokan dan mainan di toko-toko yang tak menjual hewan peliharaan dan beri tahu mereka kenapa mereka memiliki Anda sebagai pelanggan mereka.

4. Adopsi hewan peliharaan Anda berikutnya dari  kelompok penolong (rescue group)

Kelompok-kelompok rescue dari berbagai negara mengiklankan hewan-hewan peliharaan untuk diadopsikan. Anak anjing, ras murni, anjing hasil kawin silang dan anjing non ras ada di sana untuk diselamatkan. Kelompok rescue yang baik akan mampu membantu Anda untuk memilih anjing yang tepat sesuai dengan  gaya hidup Anda.

5. Berikan donasi

Kelompok rescue group tak memiliki uang seperti yang dimiliki oleh pemain di industri hewan peliharaan. Bantulah mereka dengan memberikan barang-barang lama, waktu atau uang Anda.

6. Pastikan Anda takkan pernah membeli anjing

Jika untuk mendapatkan anak anjing, anda hanya ditanya: “Apakah tagihan kartu kredit Anda sudah melewati batasnya?”, itu tanda yang bagus bahwa breeder tak mendahulukan kepentingan anak anjing itu—atau bahkan kepentingan Anda. Anda mungkin merasa telah menyelamatkan anak anjing di toko hewan peliharaan, namun kenyataannya Anda menyengsarakan induknya, anjing di puppy mill, untuk menjalani hidup yang menyedihkan.

Pet Shop – Dapatkan Faktanya

Kenapa Anda tak harus membeli hewan peliharaan Anda dari pet shop yang menjual hewan peliharaan?

Pet Shop adalah ujung tombak jaringan distribusi peternak anak anjing untuk menjual anak-anak anjing mereka kepada publik. Membeli hewan peliharaan di pet shop berarti Anda mendukung orang-orang yang membiakkan anjing untuk meraih laba.

Penting sekali untuk dapat memilih anjing yang tepat sesuai gaya hidup Anda, sementara staff di pet shop mungkin tak tahu asal usul anak anjing yang mereka jual. Pengantaran anak anjing mungkin tiba setiap minggu dan dilengkapi hanya dengan info tentang usia dan ras mereka.

Bila Anda pikir pet shop di daerah Anda adalah toko yang baik, coba pikir lagi. Ini beberapa alasan yang mereka gunakan untuk meyakinkan Anda bahwa mereka tak menjual hewan peliharaan dari puppy mill.

1. “Anak-anak anjing kami hanya berasal dari breeder, bukan pabrik anak anjing.”

Siapa pun yang memiliki dua anjing bisa menyebut diri mereka sendiri sebagai breeder, jadi, jangan beranggapan ini berarti hewan peliharaan mereka tak berasal dari puppy mill.

Mintalah dokumen dan cari tahu lokasi breeder-nya. Bila mereka tak memberikannya, tak mungkin kita mengetahui apakah breeder tersebut berada di luar kota, membiakkan anjing lalu mengirimkan hewan peliharaan tersebut untuk pet shop.

Bila Anda bisa melakukannya, bawa dokumennya dan cari tahu latar belakang breeder tersebut. Sering kali informasi mengenai breeder yang meragukan bisa ditemukan di internet.

2. “Kami hanya bekerja sama dengan breeder yang memiliki reputasi dan kami kenal.”

Breeder yang memiliki reputasi takkan menjualnya ke toko binatang. Breeder yang memiliki reputasi takkan pernah mempertimbangkan untuk menjual anak anjing mereka kepada orang yang tak mereka periksa sebelumnya karena mereka ingin menemui orang yang akan mengadopsi anak anjing mereka dan memastikan bahwa mereka adalah orang yang tepat. Bila mereka menjual hewan peliharaan mereka ke toko binatang, maka mereka hanya ingin mendapatkan uang dan tak peduli dengan kesejahteraan jangka panjang dari hewan-hewan mereka.

Tanyakan, apakah toko binatang itu pernah mengunjungi kandang si breeder? Sering kali satu-satunya kontak antara breeder “yang sudah dikenal” ini hanyalah “produk” yang dikirimkan tepat waktu dan bisa diandalkan selama beberapa tahun.

“suasana” di backyard breeder… kandang-kandang ditumpuk untuk efisiensi tempat 😦 Lokasi: Graha Raya, Bintaro

3. “Kami hanya menjual anak anjing dari kehamilan yang tak diinginkan.”

Beberapa toko membantu puppy mill skala kecil (dikenal sebagai backyardbreeder) dengan menjual anjing mereka. Sementara konsep “kehamilan tak diinginkan” terdengar agak sopan, anak-anak anjing ini sering kali berasal dari orangtua yang dimiliki hanya untuk beranak oleh orang-orang yang tak memiliki kualifikasi dalam nutrisi, genetika atau perkembangan anjing. Karena perawatan dokter hewan mengurangi laba, sudah lazim bagi anjing-anjing ini untuk menerima sedikit atau tanpa perawatan dokter hewan dan sebaiknya menjalani pemeriksaan penyakit keturunan.

4. “Kami menjual labradoodle ras murni dengan dokumen.”

Puglier, Spoodle, multipoo dan lain sebagainya, atau biasanya mereka disebut anjing hasil kawin silang adalah anjing yang berasal dari perkawinan dua ras dan dengan demikian mereka tak pernah berasal dari breeder yang terdaftar.

Breeder yang “terdaftar” mungkin hanya berarti mereka mendaftarkan anjing-anjing mereka di dewan kota atau “terdaftar” di organisasi yang tidak jelas dan dibuat hanya untuk membantu para peternak anjing ini mengelabui publik.

Membeli Anjing di Internet – Dapatkan Faktanya

Kenapa membeli anjing di internet mendukung puppy mill?

Anda pernah melihat anak anjing di internet dan berbincang dengan penjualnya melalui e-mail. Anda pernah melihat fotonya dan semuanya terlihat baik-baik saja, namun bagaimana Anda tahu bila breeder ini sah?

Hentikan! Internet dipenuhi dengan peternak anjing yan menjual “produk” mereka dengan harga yang mahal. Dengan melewati toko binatang dan bersembunyi di balik nama samaran, mereka menghindari regulasi dan meningkatkan laba mereka.

Bila Anda tak bertemu dengan breeder secara langsung di tempat mereka, Anda akan mendapatkan sedikit informasi bila hewan peliharaan Anda memiliki masalah genetika, datang dalam keadaan sakit atau bahkan memiliki ras yang berbeda dari ras yang dijanjikan.

Beberapa tanda-tanda yang harus dicurigai adalah:

1. Breeder menjual beberapa ras yang berbeda

Breeder yang memiliki reputasi hanya terspesialisasi dan menjadi ahli di satu atau dua ras. Bila seseorang yang Anda hubungi menghasilkan beberapa jenis anjing yang berbeda atau banyak anjing hasil kawin campur, maka kemungkinan besar Anda berhubungan dengan peternak anjing.

Pemeriksaan yang bagus adalah memasukkan alamat mereka ke mesin pencari google dan melihat apa yang muncul. Alamat itu mungkin menjadi bagian dari beberapa hewan peliharaan yang pernah dijual sebelumnya.

Banyak jenis anjing yang bisa ditemui di backyard breeder dan semua dalam keadaan menyedihkan – kurus, tak ada semangat, dan sakit 😦 Lokasi: Graha Raya, Bintaro

2. Breeder menghasilkan ras campuran atau anjing hasil kawin silang

Mereka akan mengatakan kepada Anda anjing campuran ini menderita hipoalergi dan kawin campur adalah yang terbaik bagi kedua ras, namun anjing hasil kawin silang pada dasarnya adalah anjing non ras. Jangan tertipu untuk membayar mahal untuk anjing jenis ini.

Tempat penampungan atau shelter adalah tempat yang tepat untuk mencari hewan hasil kawin silang.

3. Breeder yang tak melakukan apa-apa kecuali menghasilkan anak anjing

Breeder yang baik terlibat dalam acara pameran hewan dan klub breeder di daerah Anda. Menghasilkan anak anjing adalah “proyek sampingan” bagi mereka sebagai pecinta anjing yang aktif.

Walau mungkin ini terlihat seperti pemikiran yang bagus untuk berhubungan dengan “spesialis breeder,” proses kelahiran hanyalah satu bagian kecil dalam hidup seekor anjing. Anjing Anda harus sehat, aktif, cerdas dan baik dengan orang serta orang asing. Ia harus fleksibel, santai, seimbang dan ramah. Ia harus bisa beradaptasi dan mampu bergaul dengan keluarga, serta bisa dibawa berjalan-jalan di masyarakat.

Seseorang yang hidup bersama anjing dan menunjukkan semua sifat ini ke dalam anjing mereka sendiri kemungkinan besar akan menghasilkan anak-anak anjing yang hebat. Sementara, seseorang yang pintar memasukkan anjing ke dalam kandang dan menernakkan mereka bukanlah orang  yang tepat untuk menghasilkan hewan peliharaan Anda selanjutnya.

Mintalah referensi dan periksalah mereka. Tanyakan dokter hewan mereka seberapa sering mereka menghasilkan anak anjing. Hubungi anggota klub breeder mereka dan tanyakan seberapa sering mereka mengikuti lomba. Bila mereka memamerkan anjing mereka, lihatlah hasil mereka (memamerkan lebih dari sekadar “kecantikan”—ini juga menampilkan minat mereka terhadap kesehatan dan perawatan anjing.)

shih tzu dalam keadaan parah di backyard breeder… tidak segera diobati karena pengobatannya mahal 😦 Lokasi: Graha Raya, Bintaro

4. Breeder yang tak terlihat seperti yang terlihat

Mintalah untuk mengunjungi breeder tersebut secara pribadi untuk melihat bagaimana anjing mereka hidup. Temui orangtua anak anjing Anda. Mereka seharusnya senang dan baik dengan pengunjung (karena Anda menginginkan sifat itu di anjing baru Anda!).

Waspadalah! Peternak anak anjing sering memanfaatkan keluarga-keluarga sebagai sasaran penjualan anak anjing mereka. Pastikan orang yang Anda hubungi benar-benar menghasilkan anak anjing dan mereka secara pribadi memiliki orangtuanya.

Peternak anak anjing menggunakan internet untuk menyembunyikan identitas mereka. Jangan pernah meminta mereka mengirimkan anak anjing dari daerah lain dan ingatlah breeder yang baik akan ingin menemui Anda secara langsung dan memeriksa referensi Anda.

Anak anjing dari internet tak sepadan dengan risikonya!

 

Setelah membaca artikel di atas, pasti aku kaget dong. Soalnya aku pernah berencana untuk membeli anjing Siberian Husky atau Golder Retriever dari pets shop. Tapi, untungnya tidak kesampaian sampai sekarang. Jadi, readers yang baik hati, tolong jangan beli hewan peliharaan. Entah itu anjing atau kucing. Lebih baik adopsi atau minta ke kenalan saja karena bisa jadi induknya mengalami nasib yang sama seperti di atas.

Selain itu, melalui adopsi, kita juga sekalian beramal. Mungkin kelihatannya kita seperti membeli anjing di pets shop tapi uang tersebut digunakan untuk merawat anjing-anjing lainnya yang terlantar. Selain itu, biaya adopsi jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli di pets shop. Walaupun mereka mungkin bukan tipe atau ras anjing kesukaan kalian, tapi jika dirawat dengan kasih sayang, hewan seburuk apapun akan terlihat cantik dan lucu.

Satu hal lagi pesan dari saya. Kalau kalian belum siap memelihara hewan, lebih baik tidak usah. Bukannya bermaksud jahat, tapi lebih baik tidak daripada harus menelantarkan mereka pada akhirnya. Mereka memang bukan manusia, tapi mereka juga makhluk hidup yang berhak mendapat kasih sayang. Jangan perjual-belikan hewan peliharaan kalian! Jangan lupa bagikan info ini kepada keluarga, teman, atau siapa saja yang kalian kenal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s